20 Penyebab Rambut Rontok yang Harus Anda Ketahui

Health.com dalam lamannya menyatakan bahwa laki-laki memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami rambut rontok daripada perempuan. Namun rambut rontok juga sering terjadi pada wanita, dan banyak sekali penyebabnya. Mulai dari kekurangan vitamin sampai pada kondisi kesehatan kepala yang kurang terjaga. Kedua hal tersebut merupakan penyebab rambut rontok yang sangat umum. Ketika anda mengalami rambut rontok, apa yang seharusnya anda lakukan? Ya, anda harus mencari tahu cara mengatasi rambut rontok yang benar. Namun sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab rambut rontok. Untuk itu kami telah merangkum 20 penyebab rambut rontok yang perlu anda ketahui.

20 Penyebab Rambut Rontok

  1. Stress

    Stress Fisik
    Yang dimaksud dengan trauma fisik disini adalah trauma yang disebabkan oleh fisik. Contohnya operasi, kecelakaan, penyakit berat atau bahkan flue bisa menjadi penyebab rambut rontok. Kondisi stress fisik seperti ini bisa memicu terjadinya rambut rontok yang disebut juga dengan telogen effluvium. Hal tersebut terjadi karena ketidakstabilan hormon dan metabolisme yang terjadi akibat shock. Rambut memiliki siklus kehidupan, yaitu: fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase pergantian. Dalam laman health.com, Marc Glashofer, MD seorang dermatologist di New York mengatakan, "Bila anda sedang mengalami stress tingkat tinggi, hal ini bisa mengejutkan siklus rambut, keadaan seperti ini akan mendorong rambut ke fase rontok". Seberapa besar tingkat kerontokan rambut tergantung pada seberapa besar tingkat stress. Rambut rontok yang disebabkan oleh stress fisik hanya bersifat sementara. Biasanya setelah 6 sampai 8 bulan rambut akan tumbuh kembali.
    Stress Emosional
    Stress emosional memang bisa menyebabkan rambut rontok, namun tidak separah stress fisik. Stress emosional ini bisa terjadi dalam berbagai kasus, misalnya mengalami kasus perceraian, ditinggal oleh orang yang sangat dicintai, masalah pekerjaan, atau yang paling membuat mahasiswa stress adalah tugas akhir atau skripsi yang tak kunjung tuntas.
  2. Faktor Kehamilan

    Kehamilan merupakan salahs atu dari jenis stress fisik yang dapat menjadi penyebab rambut rontok. Rambut rontok yang disebabkan dari kehamilan, umumnya akan telihat setelah bayi lahir. "Melahirkan cukup menimbulkan trauma," ungkap Dr. Glashofer. Sama seperti rambut rontok yang disebabkan stress sebelumnya, rambut akan kembali tumbuh setelah beberapa bulan. "Ini adalah hal yang normal dan akan tumbuh kembali" ungkap Dr. Glashofer. Setelah kadar estrogen seimbang, rambut akan kembali ke keadaan normal.
  3. Overdosis Vitamin A

    Menurut American Academy of Dermatology, Kelebihan vitamin A termasuk suplemen atau pengobatan lainnya dengan menggunakan pil bisa memicu kerontokan rambut. Kebutuhan tubuh terhadap vitamin A per harinya adalah 5.000 International Units (IU) untuk orang dewasa dan anak-anak di atas usia 4 tahun. Sementara suplemen vitamin A bisa berisi 2.500 sampai 10.000 IU.
  4. Obat Medis

    Obat medis tertentu memiliki efek samping sebagai penyebab rambut rontok. Diantara beberapa obat medis yang berpotensi menjadi pemicu rambut rontok adalah obat pengencer darah, suplemen vitamin A, beberapa obat arthritis, antidepresan, obat asam urat, beberapa obat untuk penyakit jantung, obat tekanan darah, dan pil KB.
  5. Kekurangan Protein

    Menurut American Academy of Dermatology, kekurangan protein dalam pola makan, memungkinkan tubuh kekurangan porsi protein sehingga jatah protein untuk pertumbuhan rambut kurang. Hal ini dapat terjadi setelah 3 bulan tubuh kekurangan asupan protein.
  6. Kebotakan

    Dilansir dari laman health.com, sekitar 2 dari tiga pria mengalami kerontokan rambut pada usia 60an, dan sebagian besar disebabkan oleh kebotakan. Orang yang mengalami kebotakan dikarenakan folikel-folikel rambutnya menyempit. Jenis rambut rontok yang satu ini disebabkan oleh kombinasi gen dan hormon seks laki-laki. Contoh kasus tipe kerontokan seperti ini adalah bentuk kebotakan pada bagian depan kepala seperti membentuk huruf M.
  7. Faktor Keturunan

    Pola kebotakan bisa juga terjadi pada wanita, kebotakan pada wanita disebut juga dengan androgenic atau androgenetic alopecia. Dr. Glashofer mengatakan, "Jika anda berasal dari keluarga yang memiliki keturunan rambut rontok pada usia tertentu, maka mungkin anda akan lebih rentan terhadap rambut rontok". Kebotakan pada wanita berbeda dengan pria, pria memiliki pola pada kebotakan mereka sedangkan wanita tidak.
  8. Hormon Wanita

    Penyebab rambut rontok pada wanita bisa juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Hal ini terjadi ketika wanita mengalami kehamilan, penggunaan pil KB, dan pada saat mengalami menopause. "Folikel-folikel rambut akan mengalami pengecilan sehingga kemudian rambut akan rontok," Ungkap Mark Hammonds, MD, seorang dermatologist dan Scott & White Clinic in Round Rock, Texas.
  9. Anemia

    Kekurangan zat besi telah terbukti menyebabkan rambut rontok.. Hampir satu dari 10 wanita yang berusia 20 sampai 49 menderita anemia karena kekurangan zat besi. Anemia menjadii salah satu penyebab rambut rontok. Dokter harus melakukan tes darah untuk menentukan secara pasti apakah anda memiliki anemia.
  10. Hypothyroidism

    Hypothyroidism adalah istilah medis untuk kelenjar tiorid yang tidak normal. Kelenjar kecil ini terletak di leher menghasilkan hormon yang memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh melalui pelepasan berbagai hormon. Ketika kelenjar ini melepaskan hormon dalam jumlah terlalu sedikit, hal ini akan menjadi penyebab rambut rontok. Begitu juga sebaliknya jika kelenjar tiroid melepaskan hormon dalam jumlah terlalu banyak.
  11. Kekurangan Vitamin B

    Rendahnya tingkat vitamin B adalah penyebab correctible lain rambut rontok. Banyak sekali bagian tubuh kita yang membutuhkan vitamin B-12, termasuk hati, mata, kulit dan rambut. Salah satu gejala yang mungkin terjadi dari kekurangan vitamin B-12 adalah rambut rontok. Hal ini dikarenakan sel-sel perlu berkembang secara terus menerus untuk menghasilkan rambut baru. Proses pembentukan rambut membutuhkan produksi DNA baru. Tanpa vitamin B-12 yang tercukupi, pertumbuhan rambut menjadi lambat atau bahkan berhenti dan rambut ada yang mulai rontok.
  12. Autoimun

    Dr. Glashofer menjelaskan, Kondisi ini adalah dimana tubuh memiliki sistem imun yang berlebihan sehingga tubuh akan manjadi bingung. Kondisi seperti ini disebut juga dengan alopecia areata. Autoimun atau kelebihan sistem kekebalan tubuh yang salah justru bisa menyerang diri sendiri. Ketika sistem kekebalan tubuh menyerang folikel-folikel rambut, sel-sel atau jaringan penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut, hal ini akan memicu alopecia cicatricial (rambut rontok permanen) dan telogen effluvium (yang terjadi ketika pertumbuhan rambut Siklus terganggu).
  13. Lupus

    Lupus juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh autoimun. Dr. Hammonds menjelaskan, sel sel kekebalan tubuh terlalu bersemangat menyerang rambut. Sayangnya, kerusakan rambut jenis ini merusak jaringan parut. Itu artinya rambut tidak akan tumbuh kembali.
  14. Kemoterapi

    Beberapa obat yang dipakai untuk mengobati kanker juga dapat menyebabkan rambut Anda rontok. "Kemoterapi adalah seperti sebuah bom nuklir," kata Dr. Glashofer. "Kemoterapi menghancurkan sel-sel yang cepat berkembang. Sebetulnya itu ditunjukakan kepada sel-sel kanker, tetapi sel-sel yang berguna untuk pembentukan rambut juga ikut terbunuh."
  15. Polycystic ovary syndrome

    Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah ketidakseimbangan dalam hormon seks pria dan wanita. Kelebihan androgen dapat menyebabkan kista ovarium, berat badan, risiko diabetes yang lebih tinggi, perubahan pada periode menstruasi Anda, infertilitas, serta penipisan rambut.
  16. Overstyling

    Overstyling rambut selama bertahun-tahun dapat menyebabkan rambut anda rontok. Contoh peralatan rambut yang menyebabkan kerontokan adalah blow dryers, flat irons, curling irons atau high heat. High heat merupakan alat yang paling bahaya untuk rambut, karena ketika rambut dalam keadaan basah, kemudian dipanaskan, ini seperti merebus rambut sehingga rambut menjadi rapuh. Karena hal ini dapat mempengaruhi akar rambut, rambut anda mungkin tidak akan tumbuh kembali.
  17. Trichotillomania

    Ini adalah kebiasaan buruk untuk orang yang suka bermain dengan rambutnya dengan cara di tarik. Masyarakat Indonesia biasa menyebutnya mencatut rambut. Kebiasaan seperti ini bisa menarik rambut keluar dan menjadi penyebab rambut rontok. Trikotilomania sering dimulai sebelum usia 17 dan empat kali lebih berpotensi terjadi pada wanita dari pada pria. Jenis rambut rontok tipe ini tidak permanen, rambut akan kembali tumbuh setelah kebiasaan berhenti.
  18. Faktor Penuaan

    Ini bukanlah hal yang mengejutkan ketika melihat rambut yang semakin menipis pada wanita yang memasuki usia 50an atau 60an, ungkap Dr. Glashofer.
  19. Anabolic Steroids

    Menurut American Academy of Dermatology, Penyalahgunaan Anabolic steroids bisa menyebabkan kerontokan. Anabolic steroids bisa memiliki dampak yang sama pada tubuh seperti penyakit polycystic ovary disease (PCOS), sebagai mekanisme yang sama, kata Dr Hammonds.
  20. Infeksi Jamur

    Dalam beberapa kasus, infeksi kulit kepala dapat menyebabkan rambut rontok. Kurap adalah infeksi jamur yang sangat umum terjadi pada anak-anak. Kurap pada kulit kepala dapat menyebabkan kulit kepala menjadi bersisik dan rambut rontok. Kurap biasanya terjadi pada kepala yang lembab. Infeksi jamur ini mudah diobati dengan obat antijamur, yang akan menghentikan kerontokan rambut.
Nah, sekarang sudah tahukan apa saja penyebab rambut rontok? Cara mengatasi rambut rontok disesuaikan dengan penyebab-penyebab di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda. Jangan lupa di share ya jika artikel ini bermanfaat.

Referensi:
http://www.health.com/health/gallery/0,,20727114,00.html
http://www.everydayhealth.com/hair-loss-pictures/surprising-things-that-cause-hair-loss-0209.aspx
http://www.askmen.com/top_10/fitness/top-10-causes-of-hair-loss.html

Ditulis Oleh : omahobatherbal.blogspot.com

Judul: 20 Penyebab Rambut Rontok yang Harus Anda Ketahui
Deskripsi: Health.com dalam lamannya menyatakan bahwa laki-laki memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami rambut rontok daripada perempuan. Na...
Label:

:: Terima Kasih! ::

0 Response to "20 Penyebab Rambut Rontok yang Harus Anda Ketahui"

Poskan Komentar